PERKENANKAN AKU MENCINTAI-MU SEMAMPUKU

  • Tuhanku,
  • Aku masih ingat, saat pertama dulu aku belajar mencintai-Mu…
  • Lembar demi lembar kitab kupelajari…
  • Untai demi untai kata para ustadz kuresapi…
  • Tentang cinta para Nabi.
  • Tentang kasih para sahabat.
  • Tentang mahabbah para sufi.
  • Tentang kerinduan para syuhada.
  • Lalu kutanam di jiwa dalam-dalam.
  • Kutumbuhkan dalam mimpi-mimpi dan idealisme yang mengawang di awan…
  •  
  • Tapi Ya Rabbi,
  • Berbilang detik, menit, jam, hari,bulan dan kemudian tahun berlalu…
  • Aku berusaha mencintai-Mu dengan cinta yang paling utama, tapi…
  • Aku masih juga tak menemukan cinta tertinggi untuk-Mu…
  • Aku makin merasakan gelisahku membadai…
  • Dalam cita yang mengawang.
  • Sedang kakiku mengambang, tiada menjejak bumi…
  • Hingga aku terhempas dalam jurang
  • Dan kegelapan…
  •  
  • Wahai Illahi,
  • Kemudian berbilang detik, minit, jam, hari, bulan dan tahun berlalu…
  • Aku mencoba merangkak, menggapai permukaan bumi
  • dan menegakkan jiwaku kembali.
  • Menatap, memohon dan menghiba-Mu...
  •  
  • Allahu Rahiim, Illahi Rabbii,
  • Perkenankanlah aku mencintai-Mu, Semampuku
  •  
  • Allahu Rahmaan, Ilaahi Rabii
  • Perkenankanlah aku mencintai-Mu Sebolehku
  • Dengan segala kelemahanku.
  •  
  • Ya Illahi,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu
  • Dengan kesabaran menanggung derita
  • Umpama Nabi Ayyub, Musa, Isa hingga Al Musthafa.
  • Kerana itu izinkan aku mencintai-Mu
  • Melalui keluh kesah pengaduanku pada-Mu
  • Atas derita batin dan jasadku
  • Atas sakit dan ketakutanku.
  • Ya Rabbii,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu seperti Abu Bakar,
  • yang menyedekahkan seluruh hartanya dan hanya meninggalkan Engkau dan Rasul-Mu bagi diri dan keluarga.
  • Atau layaknya Umar yang menyerahkan separuh harta demi jihad.
  • Atau Uthman yang menyerahkan 1000 ekor kuda untuk syiarkan din-Mu.
  • Izinkan aku mencintai-Mu, melalui seringgit-dua yang terulur
  • pada tangan-tangan kecil di perempatan jalan,
  • pada wanita-wanita tua yang menadahkan tangan di tepi jambatan.
  • Pada makanan–makanan sederhana yang terkirim ke handai taulan.
  •  
  • Ya Illahi,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu
  • Dengan khusyuknya solat salah seorang shahabat Nabi-Mu hingga tiada terasa anak panah musuh menujah di kakinya.
  • Karena itu Ya Allah,
  • perkenankanlah aku tertatih menggapai cinta-Mu,
  • dalam sholat yang coba kudirikan terbata-bata,
  • meski ingatan kadang melayang ke berbagai permasalahan dunia.
  •  
  • Ya Rabbii,
  • Aku tak dapat beribadah ala para sufi dan rahib,
  • yang membaktikan seluruh malamnya untuk bercinta dengan-Mu.
  • Maka izinkanlah aku untuk mencintaimu dalam satu-dua rakaat lailku.
  • Dalam satu dua sunnah nafilah-Mu.
  • Dalam desah nafas kepasrahan tidurku.
  •  
  • Yaa Maha Rahmaan,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu bagai para al hafidz dan hafidzah,
  • yang menuntaskan kalam-Mu dalam satu putaran malam.
  • Perkenankanlah aku mencintai-Mu,
  • melalui selembar dua lembar tilawah harianku.
  • Lewat lantunan seayat dua ayat hafalanku.
  •  
  • Yaa Maha Rahiim,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu semisal Sumayyah,
  • yang mempersembahkan jiwa demi tegaknya Din-Mu.
  • Seandai para syuhada, yang menjual dirinya dalam jihadnya bagi-Mu.
  • Maka perkenankanlah aku mencintai-Mu dengan mempersembahkan sedikit bakti dan pengorbanan untuk dakwah-Mu.
  • Maka izinkanlah aku mencintai-Mu dengan sedikit pengajaran bagi tumbuhnya generasi baru.
  •  
  • Allahu Kariim,
  • Aku tak sanggup mencintai-Mu di atas segalanya,
  • bagai Ibrahim yang rela tinggalkan putra dan zaujahnya,
  • dan patuh mengorbankan pemuda biji matanya.
  • Maka izinkanlah aku mencintai-Mu di dalam segalanya.
  • Izinkan aku mencintai-Mu dengan mencintai keluargaku,
  • dengan mencintai sahabat-sahabatku,
  • dengan mencintai manusia dan alam semesta.
  •  
  • Allahu Rahmaanurrahiim, Ilaahi Rabbii
  • Perkenankanlah aku mencintai-Mu semampuku.
  • Agar cinta itu mengalun dalam jiwa.
  • Agar cinta ini mengalir di sepanjang nadiku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum....izin copas

Posting Komentar